Dua Video YouTube Gue Diblock

Buat yang belum tau, gue juga sempet punya channel YouTube. Umurnya udah lumayan tua untuk ukuran sebuah sosial media. Dulu gue bikin akun YouTube itu tahun 2010 kalo nggak salah. Nggak jauh-jauh amat dari umur blog ini yang lahir tahun 2009.

Isi dari channel YouTube gue waktu itu nggak jelas, nggak karuan, nggak bermutu kayak mantan kamu tuh. Ya mungkin karena gue nggak terlalu concern juga untuk menjadi seorang YouTuber waktu itu. Selain itu, gue juga nggak punya equipment yang cukup untuk menjadi seorang YouTuber, at least minimum equipment lah kayak kamera atau handphone berkamera untuk shooting, PC untuk editing dan Internet untuk upload.

Dengan bisa bikin channel YouTube dan ngisi kontennya dengan video absurd aja udah uyuhan banget, guys. Apalagi harus konsisten bikin video terus-terusan. Kayaknya channel gue bakal lebih mirip tong sampah anorganik daripada channel YouTube kebanyakan. Selain karena alasan itu, tahun 2010 adalah tahun dimana gue lagi keranjingan banget ngeblog dan maenin social media kayak Twitter sama Facebook. Jadi, untuk YouTube, gue bikin konten video se-alakadarnya banget.

Oh iya, waktu itu gue belum terlalu ngerti gimana caranya maen YouTube yang baik dan benar sesuai dengan aturan itu kayak gimana. Jujur aja, gue baru ngerti akhir-akhir ini. Dimana YouTube lagi rame-ramenya. Makanya ada dua video gue yang diblock oleh YouTube. Sebenernya nggak diblock full gitu, jadi ada semacam pemberitahuan dari YouTube kalo video gue diblock di beberapa negara. Nah itu tuh kasus video gue yang pertama.

Jadi, dulu gue pernah bikin video gokil untuk lomba sebuah brand deodorant spray tiga hurup yang terkenal itu. Gue masih inget betul pembuatan video itu, mulai dari ide, shooting sampe ke editingnya. Gue bikin video itu pake handphone tionghoa dengan resolusi kamera hanya 2 megapixel dan kualitas videonya cuma 640x480. Properti gue juga waktu itu cuma 2 kaleng deodorant spray kosong yang gue dapet dari hasil minta sama temen gue, karena duit gue nggak terlalu cukup untuk beli.

Adegannya emang absurd banget. Gue cuma Topless. Iya, gue topless dan seakan-akan gue mau show off tulang dan kulit eksotis gue di video itu. Terus gue melakukan adegan menyemprotkan spray itu ke badan gue dengan diiringi suara desisan mulut gue biar dikira masih berisi kalengnya. That's funny enough? Kemudian gue goyang-goyang nggak jelas dengan diiringi lagu Lady Gaga - Bad Romance yang kemudian mashup dengan lagu jaipong sunda. Very epic video ever. Gue jadi geli sendiri ngebayanginnya.

Terus, kok bisa diblock? Jadi guys, di video itu ada pelanggaran hak cipta yang gue lakuin yaitu karena gue menggunakan lagu punya orang lain untuk kepentingan pribadi. Itu menyalahi aturan YouTube, guys. So, kalian jangan coba comot-comot lagu orang lain untuk dijadikan backsound atau apapun itu di video kalian kalo nggak mau videonya senasib kayak Dua Video YouTube Gue Diblock

Untuk kasus video gue yang kedua ini bukan diblok, tapi semacam ada pemberitahuan gitu ke email gue. YouTube ngasih tau kalo di salah satu video gue lagi-lagi menggunakan lagu orang lain untuk dijadikan backsound di video gue. Pelanggarannya kurang lebih sama aja guys, cuma jenis peringatannya aja yang berbeda.

Berhubung sekarang sedikit banyak udah mulai paham gimana cara maen YouTube, gue terpaksa menghapus channel pertama gue yang udah lumayan ada ribuan viewers itu dan menghapus semua video yang udah diupload di sana. Tenang, gue udah bikin channel baru untuk video-video gue nanti. Sampe saat ini sih gue belum upload video satupun ke channel baru gue, kali aja kalian ada yang mau subscribe duluan sebelum video pertama gue muncul hehe.


Nah, buat kalian yang malah jadi bingung atau mungkin takut videonya senasib kayak punya gue. Ada sedikit tips dari gue untuk mengatasi hal demikian. Tapi gue bakalan bahas di postingan gue selanjutnya, ya.. Demikian pengalaman gue tentang Dua Video YouTube Gue Diblock. Kalian yang YouTuber pernah mengalami hal yang sama juga nggak kayak gue? Atau mungkin ada yang lebih paham kenapa hal demikian bisa terjadi sama video gue. Kita coba diskusi di kolom komentar, yok!

Jangan lupa share postingannya ke temen-temen yang lain, ya. Jangan lupa juga like fanspage dan follow blog ini dengan cara klik like dan follow yang ada di bawah. Biar bisa langsung tau kalo ada postingan terbaru dari blog ini. Setiap ada postingan baru bakal gue share juga ke fanspage di facebook. Kalian juga bisa berlangganan postingan blog gue ini via email di form paling bawah. Thanks udah mampir dan jangan bosen mampir lagi ke mari :D

9 komentar

  1. Iya mas... Ane nggak bakalan ngelakuin kesalahan yang sama pakai back sound lagu orang, gua mau pakai lagu sendiri aja, tapi masih bingung milih lagu sendiri yang mana karena belum punya lagu sendiri, Chanel YouTube, dan video ckck

    BalasHapus
  2. Yah pengalaman yang sama (banyak kali) , diblok di beberapa negara karena kasus backsound .
    Saya menggunakan lagu dari happy - pharrell williams , awalnya sudah tau kalau bakalan dpat beginian karena pengalaman sebelumnya :v .Tapi ngk pikir , soalnya cuma ingin numpang simpan di utube (videonya diprivat) karena pada saat itu mac/laptop saya otw full jadi jaga-jaga biar kgk hilang soalnya video penting (kenang-kenangan sama teman) :v .
    Pengalaman yang sebelumnya/pertama kali itu lebih parah , saya ngk bisa bukan akun utube saya . Jadi kayak ada semacam test gitu gara-gara salah satu video yang saya upload .Tapi untungnya sekarang kgk kena gituan.
    Jadi kalau mau pake backsound , cara gampangnya aja . Cari di utube atau digoogle NoCopyrightSounds biar kgk kena gituan lagi :v
    Sekian Ty~

    BalasHapus
  3. Temen gue juga mengalami hal serupa. Jadi waktu itu kan kami bikin semacam project ultah buat seseorang. Kami menggunakan salah satu lagu jepang sebagai backsound dari video tersebut. Seminggu kemudian, dapet email dari pihak youtube -_-"
    kalau mau make lagu yang punya hak cipta gitu sih, bagusnya lebih di edit lagi supaya nggak mirip dengan yang aslinya. Katanya loh, gue belum pernah nyoba juga sih, hehehe

    BalasHapus
  4. jika akan menguploud di youtube harus lebih teliti dan tau syarat dan ketentuan uploud youtube. agar tidak kena bloked.

    BalasHapus
  5. Covernya leh uga. Minimalis gimana gitu. Tsakep!

    BalasHapus
  6. Gue juga bulan lalu baru bikin channel youtube. Baru 5 video sih.. Tapi, video pertama gue labgsung kena copyright dan sekarang masih proses dispute :)) Monggo dicari "ShorTallShort Prod"

    BalasHapus
  7. Emang jaman dulu gitu tuh masalahnya. Pas gatau kalo itu lagunya copyright, padahal udah ngeditnya sesuai sama ritme si lagu. Edit ulang deh. :))

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca tulisannya. Silakan beri komentar yang sopan dan tidak mengandung SARA. Jangan lupa mampir lagi ke sini. Hatur nuhun