Jual Beli Handphone yang Bikin Panik (include: Cara Mudah Inject Ulang iPhone 4 CDMA Smartfren Verizon)


Minggu siang kemaren ada yang nelpon gue dengan nomer baru. Gue kira ini dari kuis malam yang host-nya pada seksi. Tapi gue sadar kalo waktu itu masih siang. Setelah gue angkat telpon, ternyata dari orang yang mau beli hape gue. Waduh, gue kira nggak bakalan laku ini hape. Soalnya udah hampir 3 minggu semenjak gue posting belum ada respon yang menggembirakan sama sekali.

"Halo.."
"Ya."
"iPhone nya masih ada, a?"
"Ya." 
"Ini Sukiman, ya?"
"Ya."
"Sukijan?'
"Ya."

Nggak deh, nggak gitu percakapannya. Intinya sih doi butuh banget sama hapenya dan serius pengin beli, tapi dikarenakan gue masih di Gunung Galunggung waktu itu, jadi transaksi dilanjutkan setelah gue balik dari Gunung Galunggung. Selama gue di sana, calon pembeli henpon gue, sebut saja Bambang, terus-terusan ngontak gue nanyain harga dan bla-bla. Pokoknya keep in touch. Oh iya, gue masih inget sms terakhir yang gue terima waktu gue masih di Galunggung adalah: "Kalo udah nyampe rumah, sms ya, a." Sebagai Jomlo Bahagia Suka Cita, gue merasa luluh dikirim sms kayak gitu sama Bambang. 

***
Sekitar jam 6 sore, gue baru nyampe dan langsung ngabarin Bambang kalo gue udah balik ke rumah dengan selamat sehat sentosa. Tak lama kemudian Bambang datang, tanpa basa basi, gue langsung nyodorin iPhone 4 CDMA gue biar bisa langsung ditelanjangi seisi hape gue itu.

Setelah dicek, gue bermaksud untuk back-up dan reset hapenya. Semua datanya gue back-up ke laptop biar video rahasia gue nggak tersebar luas. Berhubung proses back-up lumayan lama, gue sama Bambang ngobrol-ngobrol ringan. Selama ngobrol, gue tahu kalo Bambang ini orangnya ekstrovert, seneng berbagi cerita. Sanguinis ekstrovert banget pokoknya.

Oke, back-up data udah beres, tinggal step terakhir aja nih yang perlu dilakukan kalo hape kita akan dipindah-tangankan. Reset All Data & Setting. Yak, gue melakukan hal itu dengan kalem dan asoy tanpa geboy. Hape berhasil direset dan dihidupkan ulang. Setelah nyala, gue baru sadar kalo sinyal data selulernya nggak muncul. Perasaan mulai nggak enak, seketika gue refleks untuk googling cara reset iPhone 4 CDMA, di artikel yang gue temuin tadi ada keterangan kalo iPhone CDMA itu nggak perlu di-reset semuanya, cukup logout semua akun dan hapus apps. Perasaan gue mulai nggak enak banget. Gue panik. Si Bambang keliatan kebingungan ngeliat gue panik. Tak lama kemudian Bambang pun ikut panik. Bambang panik ke Taman Safari.

Gue meyakinkan si Bambang kalo kesalahan ini tanggung jawab gue. Jangan dibayar dulu kalo belum bener hapenya. Si Bambang mengiyakan.

Dengan sigap, gue langsung googling tutorial setting ulangnya. Setelah gue baca, mempelajari dan mencoba, gue nyerah, karena stepnya panjang dan ribet banget. Harus donlod ini, harus jailbreak dulu, harus install ini, harus ketik anu. Ribet. Gue jadi nggak enak sama Bambang yang udah nunggu lama, gue nyuruh dia balik lagi aja besok, gue mau benerin hapenya dulu ke gallery providernya untuk di-inject ulang.

Berbekal rasa penasaran dan keingintahuan, gue nyoba googling lagi nyari tutorial inject ulang iPhone CDMA. Dari semua link yang nongol di halaman pertama hasil pencarian, gue lebih tertarik sama link nomer 4, karena dari 'summary'-nya pake bahasa yang nggak baku. Setelah gue baca, gue langsung praktekin. Setelah berhasil, gue cuma bilang: "Cuma gini doang?".

Oke, gue bakal share gimana cara paling mudah inject ulang iPhone 4 CDMA Smartfren dari Verizon. Caranya adalah:
1. Siapkan niat dan keyakinan yang teguh.
2. Pastiin Data Roaming sama Voice Roamingya aktif.
3. Ketik di keypad dial *228 kemudian call/panggil. Nanti akan ada konfirmasi bahwa iPhone-nya udah terprogram.
4. Restart hapenya.
5. Udah.

Setelah hapenya udah kembali normal, gue segera konfirmasi ke Bambang kalo hapenya udah oke lagi.

Nah, gue yakin kalo kalian pernah ngalamin hal yang sama, pasti bakalan panik juga. Belajar dari pengalaman gue di atas, lakukanlah segala sesuatu dengan hati-hati. Jangan panik duluan, cari jalan keluar dengan kepala dingin. Semoga pengalaman gue ini bisa bermanfaat buat kalian.

Jangan lupa share postingannya ke temen-temen yang lain, ya. Jangan lupa juga like fanspage dan follow blog ini, ya cuy! Klik like dan follow yang ada di sidebar. Biar bisa langsung tau kalo ada postingan terbaru dari blog ini. Setiap ada postingan baru bakal gue share ke fanspage di facebook, atau kalian bisa berlanganan postingan blog gue ini via email di form paling bawah sebelah kanan. Thanks udah mampir dan jangan bosen mampir lagi ke mari  :D


103 komentar

  1. Eh kalau soal fitur, ini iphone ada bedanya sama yg gsm ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fitur mah sama persis. Nggak ada bedanya. Cuma beda di jaringan aja. Sama sedikit dari bentuk fisik.

      Hapus
  2. waah suka uprek uprek juga ternyata :D

    BalasHapus
  3. Hmm..Anu.., inject itu apaan yak? :v

    BalasHapus
  4. wahaha udah ngutak-ngatik sedemikian rupa, ternyata caranya semudah itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya. Bikin gondok gue aja. Kampret emang..

      Hapus
    2. gan kalo hp nya udh aktif makasih banget tapi signal nya aneh masih no service ?

      Hapus
  5. keren pengalamannya broo, kalau gue langsung lari ke gallery sekaligus ada alasan untuk godain CSnya di gallery (^_^), btw thanks sharingnya

    BalasHapus
  6. Jadi kalok digituin bisa sama kayak iphone biasa? :D

    BalasHapus
  7. Udah kek make yang standard aja bro.

    BalasHapus
  8. Thx for tutorialnya gan :D
    ternyata 100% worked on my iphone :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah seneng dengernya.. Sama-sama. Makasih udah mampir ke mari :D

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Bro bs bantu ga, ane instal bank mandiri udh ke CS nya n udh juga ke smartfren utk paket internet tp tetep ga bs, saat sms katanya format ga diknal cb lg nanti, sedangkan format sms itu dpt dr mandiri aplikasi.
    Trus kmarin sy instal gojek, eh bgtu juga, sy sdh dpt sms konfirmasi dgn no perifikasi nya tp ga nongol juga menu konfirmasi nya.
    sy curiga ada sesuatu yg perlu di on tp gatau apanya, udh ty mbah google tp ga nemu maslah yg di inginkan
    thanks bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba minta inject ulang lagi aja ke smartfren pake nomor baru. Kayaknya nomor lamanya udah nggak aktip.

      Hapus
  11. Gitu doang? :v gampang euy.. Wkwk
    Nih gan ane mau tanya kbtulan ane jg pake ipin 4 cdma, disitu kan cuma reset all kalo di restore iphone apakah bisa diinject pake cara ini tau hrs ke galeri? Males beli nomor lagi soalnya -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gitu doang. Kayaknya bisa deh pake cara itu lagi. Soalnya kan inject-an nya masih pake nomer itu.

      Hapus
  12. gan kalau ada tulisan.
    Iphone tidak diaktifakan
    HUbungi operator anda di
    100220204 dari posel lain jika
    masalah ini terus terjadi .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo itu mah kayaknya mending langsung ke galeri smartfren aja. Kayaknya ada masalah dengan nomer sama inject-an nya.

      Hapus
  13. Boleh minta bantuannya? Awalnya hp saya gak ada jaringan sama sekali dan udah ngelakuin kaya diatas tapi data selular saya udah aktif tapi gak bisa buat internet dan gak ada tulisan jaringan 3g cuma ada gambar 4 titik sinyal aja. Itu gimana settingnya yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba liat ke setting, terus celluar data, kalo belum aktif, coba aktifin.

      Hapus
    2. gan celular nya udh aku aktifin tapi masih gabisa internet

      Hapus
  14. itu jurus diatas dipake kalo udah ke inject di Smartfren gallery ato sebelumnya gan?
    soalnya gua belom ke smartfren buat di injek

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu cara kalo sebelumnya udah pernah inject smartfren, gan..

      Hapus
  15. terimakasih banyak gan :')
    you save my life :')
    you are real hero ({})

    BalasHapus
  16. Kaloo misalnya no nya udh mati terus mau diaktifin lg bisa ga ya bro pake cara itu? Makasiiih heheh

    BalasHapus
  17. Sangat membantu.. Terimakasih

    BalasHapus
  18. Gan kalo sinyalnya searching mulu, bisa ga sih? Ini kejadiannya kaya hp ane gan. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah pernah coba direstart? Kalo udah dan masih searhing, coba langsung bawa aja ke operator. Mungkin aja kalo diinject ulang langsung sama operator jadi bisa muncul lagi sinyalnya.

      Hapus
  19. bang, saya mau reset iphone 4 cdma saya neh. verizon sih. trs nomor sebenernya udah angus. trs blh direset apa gimana ya ragu jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. selama masih bisa untuk cek pulsa atau dial sih kayaknya masih bisa mas

      Hapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. gan kalo mau ganti nomor gimana yaa kalo iphone inject?

    BalasHapus
  22. mas sukijan, sy kan hbis inject ip sy. buat sms tlp bisa, tp buat ngenet g bisa. selalu muncul data seluler belum konek, pdhl di setingan udah tak konekin sumpah. roaming data jg udah aktif. bisa inject ulang pake cara ini jg atau harus ke galeri smartfren?
    oya, sempet flash ulang jg. hbis diflash, bisa buat internet dan keluar sinyal 3g. tp setelah direstart, sinyalnya 1x lg dan g mau konek internet lg. kira2 yg bermasalah injectkannya atau iponnya?
    mksh sblmnya...

    BalasHapus
  23. mas, hp saya juga ke reset nih dan sinyalnya ilang dan udah coba konter sana sini tapi ga bisa, api ada satu konter yang udah bisa buka tapi jadi bisa nya pake wifi saja.

    tadi saya coba pake cara mas di atas telp *228 tapi pas callingnya itu lama banget, dan ga ada suaranya. untuk konfirmasinya itu berbentuk apa ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan akhirnya malah call failed...

      Hapus
    2. Seinget gue sih langsung muncul 3Gnya. Nggak ada keterangan lain. Kalo masih begitu, coba inject ulang. Kalo Verizon biasanya gampang. Coba langsung ke grafari providernya. Pake smartfren aja.

      Hapus
  24. sayang nya ga bisa milih nomer ya gan?

    kalo misalnya beberapakali gw pencet *228 bakal ganti nomer ngga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalo itu nggak bisa. Ini hanya mengaktipkan kembali. Nomornya tetep sama

      Hapus
  25. ini cara terima kasih nya gimana gan?
    ane cipok dari jauh aja yak wkwk
    sekali lagi makasih banyak gan, sukses buat agan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk bayarin domain ini aja setahun gan hahaha

      Hapus
  26. sorry om newbie mau tanya :3 nih gini kan udah saya lakuin cara diatas terus mau isi pulsa nih (maklum beli bekas dan nggak tau nomernya) terus saya coba telfon ke cs smartnya kok selalu terputus ya om? kenapa? :3

    BalasHapus
  27. Gan sori mau tanya,,
    1. ini iphone ku smartfren tp ga tau verizon apa ga. Tau ga cara ngecek verizon/ngga nya itu gmn caranya?
    2. Td udh aku dial *228, trs langkah selanjutnya ak reset all settings atau erase all content & settings? Soalnya nih hp mau dipake org lain jd mau aku reset..

    Thank u gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. cek di setting -> about trus carrier
      hasilnya gini http://i.imgbox.com/6RrE24dh.jpg

      Hapus
  28. Waah gila it works..
    Thank you so much :D

    Btw, template blog kita sama wkwk

    BalasHapus
  29. makasih bang kebantu banget sama hal kecil kaea beginian :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, bro.

      Boleh loh like fanspage-nya, follow blognya atau subscribe blognya hehe

      Hapus
  30. Indra gue mau nanya kallau mau injek nomer baru gimana caranya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo itu harus ke galeri providernya langsun, kak..

      Hapus
  31. Thanks banget bro, ampuh nih tips nya, ane uah bolak balik ke tukang service dan ke galeri smartfren juga tetep gak bisa hehee. sekarang iPhone udah aktiv lagi thanks :D

    BalasHapus
  32. mksh gan,,,,,smga lancar rzki ny

    BalasHapus
  33. mas iphone saya dulu emg smartfren , trus lupa diisi pulsa sampe nomernya hangus , apa bisa diinject ulang ? atau harus reset all data duu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran gue sih mending inject ulang aja ke grafari

      Hapus
  34. Makasih bang indra permana , berkat blog anda hp saya terjual , hehehe,
    Gak nyangka klo sesimple itu, makasih bang

    BalasHapus
  35. tengkiyu somattttt.......pindah2 galeri smart, kagak ada yang bisa dan ternyata caranya semudah ini, lafyuuuu

    BalasHapus
  36. terima kasih banyak.. sangat membantu

    BalasHapus
  37. work nih , asal iphone unjailbreak

    BalasHapus
  38. Min kalo harga inject ke gallery smartfren nya kira"berapa ya? Lokasi saya di bandung thanks min

    BalasHapus
    Balasan
    1. anjis gue dipanggil mimin. Setau gue sih 50-60 rb. Itung-itung beli nomer baru.

      Hapus
  39. tipsnya membantu bgt bro
    thank's bro

    BalasHapus
  40. makasih banyakkkkkk sangat membantu haha

    BalasHapus
  41. sorry ane , ini provider nya verizon tapi kenapa pas *228
    keluar iphone tidak di aktipkan , hubungi 1828002199
    klo ganti no ini ke no smartpren bisa ga tolong batuan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikutin suaranya , tekan 1, 1 kalo ga salah

      Hapus
  42. makasihh broo informasinya ,biar di coba dlu yah

    BalasHapus
  43. Thanks informasi nya ane mau coba dlu

    BalasHapus
  44. gan ane punya iphone 4 cdma cuma no yg lama udah hangus cara aktifin nya lg dmna ya gan,,,,

    BalasHapus
  45. Makasih banget bang... caranya sangat berhasil hehe.. thanks sekali lagi

    BalasHapus
  46. Gan kan aq dapet sms promo smetfreen Q 4G setengah harga trus mau beli ,,, katanya gallerinya ntar d inject ulang ke 4G iphonenya. Itu maksutnya gmana. Sama tanya gafrari itu apa ?? Smoga sukses

    BalasHapus
  47. Iphone ku udah di lepas inject, dan mau di inject ulang, tp kata mbak cs nya udah gak bs inject lg, sedih banget ya.... Kalau mau inject ulang bs sendiri atau dimana ya yg bs???? Plisss info donk, thx before

    BalasHapus
  48. Iphone ku udah di lepas inject trus mau inject ulang, tp kata mbak cs udah gak bs inject, kira*" dimana ya yg bs inject iphone selain di galeri, plissss info dong.... Thx

    BalasHapus
  49. Iphone ku udah di lepas inject trus mau inject ulang, tp kata mbak cs udah gak bs inject, kira*" dimana ya yg bs inject iphone selain di galeri, plissss info dong.... Thx

    BalasHapus
  50. makasih banget infonya sangat bermanfaat, hampir aja panik :D

    BalasHapus
  51. Berarti gak perlu ke counter cdma ya gan. Ini aku soalnya mau jual hp sama iphone 4 cdma yg kartunya smartfren

    BalasHapus
  52. Gak muncul sinyal 3g gan:( gmn dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba ikuti langkah-langkah di postingannya, mbak.

      Hapus
  53. makasih mas ngebantu banget nih

    BalasHapus
  54. sori gan ganggu,,ane punya iphone 4 cdma injekan smrfren,tpi no nya udah gak aktif cara aktifin nya gi mana ya gan,,,,,,,terus ada gak jasa inject???

    BalasHapus
  55. sori gan ganggu,,ane punya iphone 4 cdma injekan smrfren,tpi no nya udah gak aktif cara aktifin nya gi mana ya gan,,,,,,,terus ada gak jasa inject???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah coba isi ulang pulsanya? Kalo nggak, coba inject ulang ke gallery smartfren

      Hapus
    2. problem iphone sy jg sama.masalahnya cara inject sekarang dah ga dipakai,jadi gmana??

      Hapus
  56. Keren hp i phone ane dah ada nomernya kembali sempet panik kebawa tidur ane gan hahahaha

    Thank teritorialnya gan :* :* :*

    BalasHapus
  57. sekarang sistem inject dibuang gmna menysiasatinya, punya sy cdma ?? mgkin harus diganti jd GSM..barangkali ada yg tau tolong share infonya...

    BalasHapus
  58. Misi gan mau nanya, ane punya iphone 4 cdma smartfren, apa iphone 4 cdma udh support 4G?

    BalasHapus
  59. ka aku udah lakuin cara yg diatas cuma kok aku harus hubungi ke 888 sih

    BalasHapus
  60. Thanks for your suggestion!!!! Wohooooo... Padahal tadi pagi udah nyoba tp nomornya sibuk, sampe udah nlp customer serv apple sama smartfren mereka gabisa bantu, sempet hopeless.Dan baru nyoba tadi jam 23.27 wib ternyata berhasilll dikonfirmasi aktivisasi nomor smartfrennya

    BalasHapus
  61. eh sama banget akujuga gitu panik utak atik di setting terus general masih ga paham gimana, bahkan udh bener2 panik huhu

    BalasHapus
  62. bos saya punya iphone 4 cdma verizon ,sinyal sih ada tapi gk bisa cek pulsa gak bisa di tlpn juga ,tpi klo datanya dihidupin muncul 3G nya, itu knp yah?

    BalasHapus
  63. Gan hp ane verizone iPhone 4s , tadi mau injek di galeri smart fren , sekarang udah ga bisa injek lagi di smart fren terus kemana lagi ya ? Kartu nya udah angus ...

    BalasHapus
  64. Bro,, gw pake cara lu tp pas gw restart kgk idup lg.. gmna bro..?? tp gw lg maen di warnet.. ntr gw coba di changer.. moga idup lg

    BalasHapus
  65. Bang, kemarin kan udah ke galeri smartfren dapet promo dan kartunya yg di iphone diganti sama yg 4g. Berarti sekarang posisi iPhone kan gak ada kartunya. Di inject ke gsm bisa gak ya?

    BalasHapus
  66. berarti harus pake kartu smartfren ya? kalo seumpama udah diinject nih misalnya, terus ganti ke kartu gsm bisa ga ?

    BalasHapus
  67. punya ku kok /nggak bisa ya keluar tulisan iphone tidak aktif coba hub......
    itu kenapa ya

    BalasHapus
  68. Gan ko iphone ane pas ketik gitu bunyi tuh terus jeda 1menitan langsung dimatikan telepon dari dananya terus muncul tulisan Iphone tidak di nonaktifkam hubungi nomor gitu gimana solusinya? Mohon respon Gan Thx

    BalasHapus
  69. Telpon *228 gabisa gan, gaada org/mba2 yg ngomong..cuman bunyi (tuut-tuut, & seterusnya) itu pun sampe 1 menitan & otomatis diskonek sendiri..terua ada tulisannya gini "iphone tdk diaktifkan, hubungi operator anda do 1800xxx" hadehh pusingg..harus gmn lagi nii, minta bantuannya doong .-.

    BalasHapus
  70. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  71. Bang, hp aku jg nih kan ke reset, trs tapinya ada 3g nya bang di sinyal nya, tapi aku gabisa cek pulsa samsek, trs aku coba telp no smartfren ini pake no lain, dan katanya no anda tidak terdaftar. Itu gmn ya bang?

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca tulisannya. Silakan beri komentar yang sopan dan tidak mengandung SARA. Jangan lupa mampir lagi ke sini. Hatur nuhun