Udah Dapet Duit Berapa dari Ngeblog?

Judul di atas adalah pertanyaan yang sering ditanyain sama temen-temen gue mulai dari yang emang ngeblog, baru mau ngeblog dan nggak yang ngeblog sama sekali, tapi pertanyaannya kurang lebih sama seperti itu.


Kalo ditanya begitu, gue nggak bisa nyebutin secara spesifik, karena gue nggak menuliskan atau bahkan bikin pembukuan khusus dari hasil ngeblog. Jadi kalo ditanya udah dapet berapa duit dari ngeblog? Sejauh ini jawabannya masih "Nggak banyak, tapi lumayan."

Tapi takaran lumayan tiap orang pasti beda-beda nih, ada yang lumayan buat gue, tapi kecil buat dia, begitu juga sebaliknya. Yang jelas waktu blogger sedang dalam masa kejayaannya dulu alias sebelum ada influencer media sosial, gue masih dapet lah ya beberapa rupiah dari ngeblog walaupun nggak banyak juga, ini bukan dari adsense loh ya, tapi dari sponsored post.

Ngomong-ngomong soal adsense, dulu gue pernah bikin akun adsense dan udah full approve pokoknya, tapi karena menurut mereka gue melanggar aturan, kalo nggak salah mah dulu dapet peringatan karena ada salah satu postingan yang judulnya pake kata-kata yang tak senonoh. Padahal isinya mah sama sekali nggak dong, gue kan bukan blogger bok3p, nah karena itu gue jadi kena teguran dan harus mengajukan banding, setelah mengajukan banding dan mengikuti aturannya, tetep aja nggak membuahkan hasil. Akun adsense gue diblok.

Gue nggak merasa rugi banget sih waktu itu, karena penghasilan dari sana juga kecil banget. Buat beli kuota aja belum cukup apalagi untuk menghidupi mah atuh masih jauh banget.


Di zaman sekarang yang makin banyak orang berlomba-lomba menjadi influencer di Twitter, Instgram dan YouTube, di belahan dunia sana masih banyak kok orang yang rajin ngeblog buat adsense, tapi caranya beda-beda, ada yang tetap konsisten dengan kualitasnya, ada juga yang bodo amat sama kualitas, yang penting banyak yang mengunjungi blog, adsense gendut, duit ngalir.

Makanya gue pribadi memandang blogger itu bukan yang hanya ngeblog untuk adsense doang, tapi yang juga bener-bener berkarya, menulis dan menjaga kualitasnya, dan yang paling penting mah originalitasnya, kalo bahasa kerennya mah nggak money oriented walaupun ya nggak sepenuhnya salah, tapi nggak sepenuhnya bener. CMIIW.

Temen gue ada nih yang bikin blog cuma buat adsense, alasannya karena ada temennya yang dapet penghasilan banyak dari ngeblog doang, berangkat dari sanalah temen gue ngeblog dan ngejar adsense. Nah karena dia tau gue udah lama ngeblog, dia nanyain juga dengan pertanyaan yang sama persis dengan judul,

"Udah dapet duit berapa dari ngeblog? Pasti udah banyak banget nih, secara udah lama juga kan ngeblognya.." Tanya dia, penasaran

"Nggak banyak, tapi lumayan." Jawab gue biasa aja

Kemudian dilanjutkan dengan obroloan dia yang nyeritain temennya itu yang bisa dapet penghasilan banyak dari ngeblog. Intinya mah, temennya dia bikin blog niche seputar streaming nonton bola, isi postingannya sih kebanyakan template, cuma diubah nama club bola sama waktunya doang sesuai dengan jadwal pertandingannya. Bahkan ada juga temennya dia yang di-hire jadi admin salah satu komunitas pecinta bola yang udah gede banget gara-gara ngeblog dan punya link streaming yang bagus.

Selain temen gue yang itu, dulu ada juga temen yang ngebet pengin dapet penghasilan dari adsense lewat ngeblog, tapi sekarang gue liat kayaknya udah nggak ngeblog lagi, udah banting setir jadi YouTuber, dan lagi-lagi nggak bikin konten sendiri, tapi repost.

___

Setiap kali ada orang yang nanya penghasilan gue dari ngeblog, selain jawab dengan jawaban template, selalu gue bilang kalo gue ngeblog itu nggak fokus ngejar adsense, tapi karena emang hobi nulis aja walaupun sampe sekarang masih gini-gini aja tulisannya. Makanya tiap kali ditanya gimana caranya dapet duit dari adsense blog, gue nggak bisa jawab.

Setelah akun adsense gue diblok dua kali, alasan gue ngeblog jadi balik lagi ke alasan pertama kali bikin blog, yaitu karena hobi, tapi kalo misal nih akun adsense gue masih works, ya kayaknya tetep aja fokus ke hobinya, bukan ke adsense-nya, anggap aja bonus itu mah.

One thing for sure, semua punya kepentingan dan tujuan ngeblognya masing-masing, feel free untuk ngeblog selama nggak membuat sesuatu yang membuat blog, ngeblog dan blogger jadi hal yang negatif mah, just do it. Hehe

Kalo ada yang baca postingan ini sampe akhir, gue mau nanya dong buat kalian yang ngeblog atau mau mulai ngeblog, tujuan kalian apa sih? Ceritain di komen bisa kali cuy hehe

9 komentar

  1. Pertanyaan pada paragraf terakhir itu udah sering banget gue jawab, tapi baiklah bakal gue ulang lagi: Tujuan gue ngeblog selalu berubah-ubah seiring bergesernya waktu. Pertama kali bikin blog, tentu saja cuma buat curhat karena butuh tempat bercerita ketika enggak ada teman yang bersedia dan luang untuk mendengarkan. Lalu, pernah juga pengin mendapatkan uang dan bisa terkenal. Seperti yang lu bahas soal adsense itu, gue udah diblokir tiga kali malahan. Awalnya, karena gue emang curang minta tolong klik sama temen. Kedua, ada sesuatu yang melanggar, mungkin karena gue sempet menulis dengan bumbu mesum. Ketiga kalinya ini mungkin karena terdeteksi sama Google bahwa alamat rumah pemiliknya sama. Orang yang udah melanggar dua kali, mungkin enggak pantas mendapatkan kesempatan ketiga. Oke, gue sok tau. Terus, ya udahlah, gue udah enggak mau ngotot daftar lagi. Wahaha. Syukur aja pada masanya sering ada tawaran kerja sama dan meliput acara yang berbayar.

    Selain alasan itu, gue juga punya keinginan menjadi penulis. Blog selalu menjadi media buat berlatih menuangkan keresahan dan gagasan. Tapi karena tahu kalau susah banget menembus pasar, gue buanglah impian tersebut. Sekarang mah gue menulis buat mengenang hal-hal yang mungkin terasa penting buat diri gue. Siapa tahu di kemudian hari dapat berguna. Selalu lucu ketika membaca suatu momen, misalnya, "Masa sih gue pernah semenyedihkan itu?" atau "Ini serius gue yang nulis? Kok kayak bukan tulisan gue." Dan seterusnya.

    Namun dari sekian banyak tujuan, kayaknya gue bakal balik ke pertama kali kenapa memutuskan ngeblog: gue cuma pengin bercerita.

    Lalu, soal sudah dapat berapa banyak uang dari blog, bagi gue itu pertanyaan tolol. Gue udah enggak berorientasi sama duit lagi selama menulis. Ya, mungkin kayak yang lu, Gofar, dan beberapa orang bilang tentang adsense, itu mah bonus aja. Lagian, adsense gue udah mati. Tawaran iklan juga udah surut. Yang penting mah bikin hati lega--contohnya, kayak menulis komentar ini. Ketimbang uang, gue malah lebih bahagia saat mendapatkan teman baru. Enggak mesti akrab-akrab banget, tapi bisa satu frekuensi dan dapat referensi bacaan atau apalah dari mereka itu cukup asyik. Pernah dapat pacar juga dari blog, meski udah putus dan rada kapok. Ehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. males ah balesnya, panjang banget lu kek satu postingan blog aja ngomennya.

      Tapi gue juga pernah punya pacar gara-gara blog, tapi ya udah putus juga haha

      Hapus
  2. Eh, soal tujuan ngeblog itu gue bahas tuh kemarin di Podcast Blogger EPS16. Hahaha #SelaluAdaCelah

    Gue kayaknya dari dulu emang ngeblog buat senang-senang aja, karena emang suka nulis sama kayak elu. Dulu punya adsense juga tapi gue jual ke temen karena pengen fokus nulis aja. Kalau ada tawaran sponsored post, alhamdulillah, gue anggap itu bonus. Eh jadi ingat, ada juga tetangga gue yang suatu hari tiba-tiba datang ke gue buat dibikinin blog gara-gara ada temennya yang sukses dapat duit dari blog streaming sama donlot lagu ilegal. Gue langsung geleng-geleng kepala. Hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lulusan S3 Marketing Stanford University emang bisa aja ya promosinya hahaha

      Oleh karena itu, mari kita buat sekte aja gimana?

      Hapus
  3. Woah, seru juga ya perjalanannya. Selamat, Pak!

    Kalau saya tidak tahu tujuannya buat apa. Lagi pula akhir-akhir ini saya tidak merasa seorang bloger (dalam arti, entah kenapa, ketika seseorang punya blog bakal otomatis disebut bloger?). Saya sih bikin blog karena sesederhana Twitter enggak cukup, sekalipun udah ada konsep utas. Makanya milih nulis di blog. Hahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat juga bang sudah mendarat di postingan ini.

      Hahaha bener juga, kadang ada beberapa pemikiran atau curahan yang lebih enak dibikin blogpost daripada twitter thread

      Hapus
  4. kalo mau duit mah, di grup "SMSC-Mencari Contact" banyak kerjaan buat blogger dan influencer kecil. daftar aja kalo ada yang cari2 sesuai kriteria, lumayan duitnya buat jajan. gue juga gak bisa naro adsense di blog tp bodo amat sih karena tujuan ngeblognya tuh disebabkan suka nulis soal pemikiran yang berkecamuk aja wkwk. yang penting dikerjain sesuai keikhlasan hati aja bro sama konsisten. nanti rejeki dateng sendiri, dan rejeki pun bukan soal duit aja kan. gara2 ngeblog aja alhamdulillah bgt gue jadi bisa kenal lebih deket dengan musisi favorit, salah satunya jason ranti.

    btw menuju akhir tahun biasanya banyak brand mau ngabisin duit, salah satunya paid promote ke berbagai blogger. berdoa aja moga kecipratan wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gegara komen lo ini, gue jadi join grup itu di facebook dan alhamdulillah approved. Kali aja bisa dapet network baru di sana ya.

      Yoi, buat beberapa orang, blog emang lebih enak dipake buat hiburan doang atau untuk meluapkan isi kepala sama isi hati.

      Hapus
  5. Rezeki dari blog bukan duit sih, tapi teman-teman yang baik dan bangsat. Huehehe.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca tulisannya. Silakan beri komentar yang sopan dan tidak mengandung SARA. Jangan lupa mampir lagi ke sini. Hatur nuhun