Keresahan di Umur Seperempat Abad


Setahun terakhir ini gue nggak tau kenapa begitu worry dengan sesuatu yang sama sekali belum terjadi. Gue nggak tau kenapa bisa se-insecure itu sama diri gue sendiri.

Semenjak masuk ke umur seperempat abad lebih ini, gue mulai banyak memikirkan hal yang sebenernya belum terjadi dan belum tentu juga akan terjadi. Entahlah ini terjadi sama gue.

Apakah hal yang sangat mengganggu pikiran ini memang merupakan fase dimana setiap orang akan merasakannya ketika sudah mulai mencapai waktu tertentu? Kalo emang iya, berarti gue normal. I mean ini hal yang wajar terjadi, jadi bukan karena gue yang mulai insecure sama diri sendiri dan hanya gue sendiri aja yang merasakan.

Yang gue sadari dari keresahan gue sampe ke level ini adalah ketika orang-orang mulai menyinggung perihal pernikahan yang belum terpikirkan, tapi bukan berarti gue nggak bakal nikah atau bahkan nggak mau nikah, nggak. Gue cuma merasa kalo gue emang belum prepare aja untuk mencapai ke jenjang itu.

Gue ini bisa dibilang termasuk orang yang menginginkan perubahan yang lebih baik dari berbagai hal, termasuk masa depan. Jadi gue harus sangat mempertimbangkan dan mempersiapkan sesuatunya supaya ada perubahan. Termasuk dalam bahtera pernikahan nanti, iya oke takdir memang nggak bisa dilawan, tapi nasib masih bisa diubah.

Singkat kata gue ini sedang dalam tahap prepare untuk masuk ke level tersebut.

Buat gue, jenjang pernikahan dan rumah tangga itu tuh nggak bisa dilewati hanya dengan "ah, yaudah jalanin aja gimana entar lah" Gue bukan tipikal orang yang kayak gitu dan gue takut akan banyak hal yang nggak gue harap bakal kejadian kalo gue take that bullshit reason. Big no.

Nikah itu nggak hanya bersenang-senang hidup bersama orang yang kita cintai doang. Buat gue mah lebih dari itu. Nikah itu komitmen yang berjangka panjang. Nikah itu janji ke banyak pihak, dan sejatinya janji itu harus ditepati.

Banyak sekali hal-hal yang harus dipersiapkan untuk mulai mendekati atau bahkan masuk ke jenjang itu. 

WTF, ini kenapa jadi mengerucut ke pembahasan pernikahan segala atuh euy lah. Never mind, mungkin inilah yang selama ini gue resahkan. Entahlah gue ini lagi overthinking atau emang lagi masanya.

Balik lagi ke pertanyaan gue di atas, ini gue doang atau kalian juga yang ngerasain hal-hal kayak gini? Maap nih, postingannya agak serius dikit.

Jangan lupa komen dan share kalo postingan ini bermanfaat juga buat orang lain. Hatur nuhun.

13 komentar

  1. Kayaknya emang usia 25-an itu emang usia kita ada di fase life crysis sih. Gue juga merasa hal yang sama, bahkan gak cuma satu tapi banyak hal. Itu emang ganggu banget kalau kita nggak segera punya cara untuk menghilangkan atau mengurangi pikiran pikiran itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, gue juga merasa demikian. Kayaknya ini adalah hal yang normal untuk dilalui kali ya. Kadang gue pengin tau aja dari segi psikologi ini gimana

      Hapus
  2. Kayaknya ini curahan hati gua yang udah loe wakilin, terima kasih olx, karena anda saya bisa menjual barang kesayangan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sukurlah kalo gue bisa mewakili curahan hati banyak orang. Tapi gue Tongfang, cuy. Bukan OLX.

      Hapus
  3. Btw, mw prepare nikah sdh siap kan calon nya ...
    Kelupaan sibuk prepare sampe lupa calonnya belum ada. Bagusan, simpen dl di karung beras, pas sdh waktunya mateng tinggal kupas deh hehehe #becanda

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iya hampir aja kelupaan kan, seibuk nabung malah lupa nyari pasangannya

      Hapus
  4. Pas usia 25 dulu aku kok woles aja, yaaa.... Ampun dah. Manusia tanpa rencana betul. Jangan ditiru yaaa hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya nggak semua orang melewati masa ini kali ya, ada temen tapi keliatan nggak ada krisis di twenties

      Hapus
  5. Apakah insekur soal rencana finansial termasuk keresahan di seperempat abad?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut gue termasuk sih, mas. Karena di umur segitu kan mulai struggling banyak hal termasuk financial plan

      Hapus
  6. quarter life crisis!

    banyak orang mengalaminya. saya juga termasuk. jadi banyak mikir dan merenung sih. ada harapan, ada juga ketakutan, dan keraguan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget, bang.. Jadi banyak mikir ini itu

      Hapus
  7. Usia segini emang galau-galaunya, tapi begitu 2-3 tahun kemudian akhirnya bisa menerima juga dan tidak terlalu idealis soal target. Yang penting lakukan yang terbaik. Hehehe...

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca tulisannya. Silakan beri komentar yang sopan dan tidak mengandung SARA. Jangan lupa mampir lagi ke sini. Hatur nuhun