Menjajal Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal adalah salah satu bangunan yang iconic di Jakarta atau bahkan di Indonesia. Gue masih inget banget dari zaman masih kecil sampe sekarang, Masjid Istiqlal ini selalu ditayangin di TV nasional kalo lagi melaksanakan shalat ied tiap lebaran dan gue selalu nonton sambil makan opor ayam sama ketupat.

Dari dulu pengin banget maen ke sana, itung-itung mengobati rasa penasaran gue dari kecil yang cuma bisa nonton di TV doang. Kebetulan, minggu lalu gue ada janji sama temen di Jakarta, jadi bisa lah ya mewujudkan.

Hari minggu pagi gue berangkat dari Merak menuju Terminal Tanjung Priok, pas gue turun dari bis, ternyata temen gue membatalkan rencana, alhasil gue udah nggak ada tujuan lain selain ke Masjid Istiqlal.

Jam makan siang datang, perut mulai klontang-klontang. Lanjutlah gue ke daerah Kelapa Gading buat nyari makan, nyampe di sana muter-muter nggak jelas dan nggak jadi makan, berangkat lagi ke Joni Steak, ternyata penuh, jalan kaki dikit nemu Mie Ayam, makan.

Waktu shalat Ashar segera datang, gue langsung order OJOL dengan tujuan Masjid Istiqlal, akhirnya. Sampai di sana, gue langung ambil kamera dan jepret.


Seperti orang-orang norak lainnya, gue juga sangat excited bisa masuk ke sana dan mewujudkan sebuah keinginan remeh yang mungkin nggak diimpakan semua orang. Yang jelas waktu itu gue bahagia banget cuy, untung kebahagiaan gue masih bisa terjangkau ya.

Kalo diliat dari TV, yang sering disorot itu kebayakan dalemnya doang ya, luarannya mah cuma bentar-bentar. Oleh karena itu, gue puas-puasin explore setiap sudut yang ada di sana. Ada satu pemandangan yang kok gue baru tau kalo di sana ada yang beginian..


Pas gue motret itu, ada semilir angin sejuk meniup seluruh badan gue yang kucel dan mulai berkeringat sore itu. Sambil menunggu waktu ashar datang sebentar lagi, gue coba keliling ke sana ke mari tanpa membawa alamat. Tiba-tiba ada segerombolan yang kayaknya bukan dari TK Tadika Mesra yang sedang study tour, tapi segerombolan bule yang sedang dipandu oleh seorang pria paruh baya. Teriaknya kenceng banget, mengalihkan banyak perhatian orang di sekitar termasuk gue.


Adzan ashar berkumandang, banyak orang mulai memasuki masjid untuk melaksanakan shalat. Ketika mulai masuk, auranya mulai terasa. Gue menginjakkan kaki di tempat yang biasa gue liat di TV dan sekarang nggak cuma liat, tapi juga merasakan atmosfer sekelilingnya. Woh!

Ba'da ashar gue nggak langsung ke luar masjid, tapi coba jalan-jalan dulu di sekitar. Lagi-lagi gue dibikin takjub dengan bangunannya, tanpa pikir panjang lagi gue langsung motret sana-sini,




Sebenernya belum puas dengan hasil yang gue dapet waktu itu, masih ada yang bisa di-explore, tapi karena waktu udah mulai sore dan harus udah pergi ke tujuan selanjutnya.

Sebelum pergi, gue coba ambil satu foto dengan angle yang berbeda dan hasilnya keren. Foto yang ini membuat gue puas untuk menutup kunjungan pertama gue ke Masjid Istiqlal.


Buat orang yang tinggal di sekitar Masjid Istiqlal atau mungkin penduduk asli Jakarta, tempat ini bisa jadi tempat yang biasa aja karena udah nggak asing lagi, tapi bagi kami yang berada di luar Jakarta, bisa jadi tempat yang luar biasa. Jadi, siapa nih yang belum pernah menjajal Masjid Istiqlal?

Semua foto akan dan sudah dipost di instagram @indrathrw Follow gih!

6 komentar

  1. tempatnya bagus dan juga luas. di sarankan datang pas sholat subuh saptu atau minggu pak. bisa sekalian jalan-jalan pagi

    BalasHapus
  2. Iya, Ndra. Saya bahkan udah lupa kapan terakhir kali main ke Istiqlal. Kayaknya jauh di zaman sebelum ada Instagram. :(

    Begitulah kalau dekat, pasti muncul rasa malas buat dateng. Toh, kapan aja bisa mampir ketika pengin. Tapi sampai sekarang juga masih belum tertarik buat ngisi feed IG dengan foto-foto di masjid Istiqlal. Jadinya kagak main-main ke masjid itu dah. Wqwq.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya kalo deket mah mau kapan aja bisa ya tinggal ke sana, tanpa rencana pun.

      Kapan-kapan kalo kebetulan ke sana, coba deh explore setiap sudut yang ada di sana. Buat gue yang belum pernah ke sana sih keren.

      Hapus
  3. kalau berkunjung ke kota lain, biasanya aku juga menjajal sholat di masjid yg terkenal. untuk masjid ini, aku belom pernah... semoga suatu saat nanti ada kesempatan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, hal pertama yang mau dikunjungi biasanya ke tempat yang udah terkenal dulu. Aku juga baru kali ini nih hehe

      Hapus

Terima kasih sudah membaca tulisannya. Silakan beri komentar yang sopan dan tidak mengandung SARA. Jangan lupa mampir lagi ke sini. Hatur nuhun