OVERKILL!!! iPad Pro 2021 Pake Chipset M1

Apple Event yang digelar 21 April merilis beberapa produk terbarunya yang salah satu diantaranya adalah iPad Pro 2021. Lini iPad Pro terbaru Apple ini menghadirkan beberapa pembaruan dari iPad Pro sebelumnya mulai dari aspek desain, fitur, spesifikasi, performa hingga CPU yang digunakan. Bikin geleng-geleng dan bikin heboh timeline twitter saya bener dah.

Mulai dari layarnya dulu deh. Dari desain terbarunya ini, iPad Pro rilis dengan layar cutting edge mini LED yang pake lebih dari sepuluh ribu LED yang ditanemin di balik layarnya yang ngasih kecerahan layar sampe 1600 nits. Layar iPad Pro 2021 ini Apple sebut sebagai Liquid Retina XDR display, ketajamannya udah pasti meningkat dari sebelumnya.

Resolusinya pun sudah mendukung untuk bisa melihat dan ngedit konten HDR yang sangat berguna banget nih buat para pekerja kreatif profesional seperti filmmakers, fotografer sama videografer. Dilengkapi juga dengan ProMotion, True Tone juga P3 color support.

Yang paling bikin pusing dari iPad Pro 2021 ini adalah chip yang digunakan udah bukan chip yang digunakan sebagaimana seri sebelumnya, kali ini Apple menanamkan chip M1 yang sama digunakan di MacBook Pro, MacBook Air dan Mac Mini, kebayang nggak gimana performanya?

M1 yang digunakan ini diklaim bisa meningkatkan performa iPad Pro sebesar 50% dari iPad Pro sebelumnya, selain itu kemampuan grafisnya juga otomatis meningkat hingga 40%. Dilengkapi juga dengan teknologi Apple Neural Engine 16-core dan ISP (Image Signal Processor) untuk menunjang performanya. Bikin minder lini tablet lain aja ini mah.

Kalo dari segmen per-memori-an duniawi, iPad Pro 2021 hadir dengan piliham RAM 16GB dan Internal Memori yang gede banget yaitu hingga 2TB alias 2000 GB. Lega banget kan tuh.

Nengok dari kameranya yang dilengkapi modul dua biji kamera di belakang besertla LiDAR scanner dan satu biji kamera aja di depan yang sekarang sudah menggunakan kamera beresolusi 12 MP Ultra Wide dan fitur Center Stage yang memungkinkan kamu atau objek lain untuk selalu berada di tengah meskipun bergerak ke banyak arah, selain itu kalo ada objek lain masuk, kameranya bakal menyesuaikan frame biar tetep presisi. Sangat berguna sekali ya bun buat yang sering pake fitur kamera depan buat video call.

Fitur pelengkap lainnya ada di konektivitas yang sudah 5G, USB Type C yang mendukung Thunderbolt dan USB 4, keyboard warna putih dan Apple Pencil tentunya.


Oh iya, selain ukuran 12.9 inch, iPad Pro 2021 juga rilis dengan ukuran 11 inch ya. Untuk ukuran 12,9 inch harganya $1,099 atau sekitar 16 Juta Rupiah (WiFi only) dan $1,299 atau sekitar 19 juta Rupiah (WiFi + Cellular). Sedangkan untuk iPad Pro 2021 dengan layar 11 inch harganya $799 atau sekitar 12 Juta Rupiah (WiFi only) dan $999 atau sekitar 15 Juta Rupiah (WiFi + Cellular).

Semuanya bisa mulai dipesan 30 April khusus untuk wilayah terpilih dan produknya akan tersedia di bulan Mei di Apple Store terpilih tadi.

Jangan tanya saya. Saya mah udah pasti pengin banget. Dahlah, hatur nuhun.

1 komentar

Terima kasih sudah membaca tulisannya. Silakan beri komentar yang sopan dan tidak mengandung SARA. Jangan lupa mampir lagi ke sini. Hatur nuhun